Apa Itu Stall
Stall Pesawat
Bagaimana pilot mengatasi ketika terjadi stall?
Stall biasanya diatasi dengan dua cara yaitu fokus pada angle of attack dan kecepatan pesawat. Dua hal ini harus disesuaikan misal jika stall terjadi di tengah penerbangan. Jika stall terjadi karena angle of attack, maka pilot harus mengecilkan mengecilkan angle of attack, yaitu dengan mengarahkan moncong pesawat sedikit ke bawah. Walaupun kondisi pesawat sudah menukik ke bawah, pilot tetap harus mendorong kemudi ke depan untuk mengarahkan moncong pesawat lebih ke bawah. Aksi ini bisa mengecilkan angle of attack, dan mengurangi gaya seret. Kemudian pesawat akan semakin menukik ke bawah dengan kecepatan semakin tinggi. Namun, ketika sudah mencapai kecepatan yang sesuai, dan sayap telah disupport oleh gaya angkat udara, pilot harus menarik kemudi sehingga moncong akan mengarah ke atas lagi.Bagaimana sayap pesawat dapat terangkat?
Sayap dapat terangkat karena mengubah arah dan tekanan dari udara yang masuk ke sayap pesawat. Sebagian besar sayap pesawat didesain dengan agak melengkung di bagian atas, dan datar di bagian bawah. Desain ini dinamakan airfoil. Analogi ketika sayap berada di udara ini sama dengan analogi ketika kita merentangkan tangan saat berenang di dalam air. Saat kita berenang di air maka tekanan air akan terdorong dan menyesuaikan gerak dari lengan kita. Hal yang sama terjadi saat sayap pesawat berada di udara. Bentuk lekukan di atas sayap pesawat mendorong udara ke bagian depan sayap. Karena ada bentuk lekukan ini maka volume udara sekitar sayap bagian atas menjadi besar, sedangkan tekanan menjadi kecil. Sebaliknya, tekanan di sayap bagian bawah menjadi besar karena bentuknya yang datar. Maka secara otomatis tekanan ini membantu pesawat agar dapat terangkat.
Tantangan menghadapi stall
Untuk pulih dari stall, jelas pesawat mengalami penurunan ketinggian yang sangat signifikan. Oleh karena itu stall amat berbahaya jika terjadi di dataran rendah. Kekuatan mesin dapat membantu untuk mengurangi penurunan ketinggian yang terlalu signifikan dengan cara mempercepat pesawat untuk meraih kecepatan tinggi. Seberapa sulit untuk pulih dari stall juga bergantung pada tipe pesawat. Untuk pulih dari stall juga bergantung bagaimana pesawat mendistribusikan beban di dalamnya. Center of gravity pesawat sebaiknya agak maju ke arah depan.
Komentar
Posting Komentar